Ganbatte!!

"Ikatlah ilmu dengan menulis." #Ali bin Abi Thalib

Rabu, 29 Agustus 2012

Karawang - Depok


Minggu depan insya Allah perjuangan saya menjadi seorang Sosialis Humaniora bakal dimulai. Well, lebih tepatnya sebuah cerita kecil yang akan saya jalani dalam rangka membuka wawasan cakrawala nusantara, meng-upgrade ilmu dan sumber daya, mendapatkan lisensi untuk menjadi seorang dosen, dengan melanjutkan kuliah S2 di Universitas Indonesia, Depok. Alhamdulillah!


Perjalanan dari rumah di Galuh Mas, Karawang menuju Depok dapat ditempuh +/- selama 2 jam waktu normal; dengan catatan saya bepergian menggunakan angkutan umum dan tidak terjebak macet sama sekali. Hm, sebenarnya saya juga masih berpikir-pikir start yang baik untuk berangkat kuliah, karena berdasarkan pengalaman pribadi jika saya berangkat jam 6 pagi, maka sudah bisa dipastikan saya baru akan tiba di terminal Kp. Rambutan sekitar jam 8, sedangkan itu adalah jam pertama perkuliahan. Saya tidak bisa memprediksi kapan saya akan tiba di ruang kelas karena perjalanan ini tidak praktis.

Ada kemungkinan saya akan berangkat jam 5 subuh (artinya saya harus bangun ketika adzan subuh sekitar jam 4.30 dan langsung mandi! O_o) dengan menggunakan rute biasa sebagai berikut:

Karawang - Kp. Rambutan

1. Naik motor belalang tempur menuju gerbang Perumnas dan menitipkannya di tempat biasa. Setelah itu berharap ada bis Agra Mas menuju Bogor/Kp. Rambutan dengan seat yg masih kosong. Kalau tidak yah terpaksa berdiri, daripada terlambat. hehe 



2. Naik angkot 19 dengan jurusan Kp. rambutan - Depok, dan turun di Gerbang Utama UI Depok. Di sini seorang mahasiswa akan memiliki alternatif pilihan transportasi menuju kampus fakultasnya masing-masing. Bisa naik Bis kuning, bisa naik sepeda sehat, bisa naik ojeg, bisa naik taksi (biasany Blue bird) atau juga bisa jalan kaki (strongly not recommended!).



3. Sebelum saya bisa melanjutkan perjalanan, bagi kebanyakan mahasiswa yang datang dari arah Jakarta maka harus menyeberangi sebuah jembatan penyeberangan yang sangat tinggi sekali terlebih dahulu. Saya tidak sedang meng- exaggerate atau melebih-lebihkan, tapi jembatannya benar-benar tinggi! Sampai-sampai, setiap kali saya melewatinya, pandangan selalu tertuju ke depan karena saya tidak berani menatap ke bawah. -.-;


Bis kuning UI Depok 'bendera' biru
4. Untuk alternatif pilihan yang ada, biasanya saya lebih memilih menunggu bis kuning datang karena gratis (mahasiswa gituh lohhhh... Haha). Kalau naik sepeda, meskipun gratis, tinggal memperlihatkan KIM ke petugas, cuma melelahkan karena jaraknya lumayan jauh. Boleh naik ojeg untuk saat-saat darurat aja, biasanya kita diminta membayar 5 ribu-10 ribu tergantung jarak tempuh. Bis kuning itu sendiri terbagi menjadi dua jenis: ber'bendera' merah dan biru. Bukan bendera benaran, hanya sebuah styrofoam berwarna yang diletakkan di bagian depan kiri dashboard bis. So, hati-hati, jangan salah naik. =P

Setelah tiba di halte FIB, saya masih harus berjalan kaki menuju ke gedung perkuliahan. Ada sekitar 9 gedung secara keseluruhan kalau saya tidak salah. Dan akhirnya sampai juga saya di kampus UI Depok Fakultas Ilmu Budaya.

Ya Rabb, semoga dengan ini Engkau jadikan hamba senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Engkau berikan. Jauhilah hamba sejauh-jauhnya dari sifat sombong, ujub, kikir, takabur, riya, dan sifat-sifat hati tidak terpuji lainnya yang dapat mendatangkan murkaMu. amin.

34 komentar:

  1. Hi, mau nanya dong. Klo dari Karawang ke Depok ada travel kah? Atau transportasi langsung yg lebih cepet daripada mampir ke kampung rambutan dulu.

    Tolong jawabannya di japri ke email sy ya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumny buat saudara azis yg udah mampir d sini. Maaf dijawab d sini aja yah, karena bingung untuk membalas lewat e-mail, saya blm menemukan alamat anda.

      Setau saya, tidak ada travel dgn rute karawang - depok (atau sebalikny). bahkan travel komersil regular yg layak d karawang (setaraf Cipaganti di Bandung) setau saya baru Selamat Trans [rute: KRW - BDG (Suci/Setiabudi) & KRW - JKT (Ancol/Mangga dua)]. tidak ada pula bus dari karawang atau kota satelitnya yg melewati karawang dengan tujuan depok. So, rute karawang - rambutan - depok itu yg plg memungkinkan. kecuali jika anda mau menyewa travel pribadi yg harganya pasti lebih mahal, setau saya d karawang ada beberapa.

      Hapus
  2. maaf mas mau tanya .. klo dr bogor kan ada jrusan bogor-karawang pake agra mas.. nah turunnya dmn ya klo mau ke galuh mas? tepatnya ke apartemen emerald hills??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat mudah, mas. pertama, minta turun d gerbang perumnas; sekitar 5-10 menit ketika keluar dari gerbang tol karawang barat. kalo anda lihat d kiri ada restoran lebak sari, sebelah kananny ada gerbang perumnas.

      kalo sudah turun, ada dua alternatif: (1) bisa naek angkot 63 menuju mall KCP dan harus berjalan kaki k apartemen sktr 500 meter. selain itu, (2) bisa lgs naek ojeg dari gerbang perumnas k apartemen, bayar 8rb-10rb.

      Hapus
  3. Maaf mas mau nanya dong...saya dari bekasi mau ke karawang tepatnya karangpawitan yg dekat lapangan sepatu roda gitu.
    katanya di suruh naik agra mas yg ke cikampek, terus saya di suruh turun di lampu merah setelah kondekturnya bilang pabrik es, abis itu saya di suruh naik angkot 01 yg bawahnya merah/hijau, terus turun deh di lapangan sepatu roda itu..
    bener ga tuh mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. angkotny saya lupa no berapa aja yg lewat lap karang pawitan, mas. sejauh ini petunjukny benar ko. :D

      Hapus
  4. mas maaf mau tanya kira2 kalo naek motor sendiri brp jam ya, kl dr karawang ke depok

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh mas, mungkin sekitar 3-4 jam tergantung secepat apa kita membawa motornya. rute terdekat yg bisa dtempuh menurut hemat saya: karawang - cikarang - bekasi - jakarta - depok. lewat lenteng agung aja, mas.

      Hapus
  5. maaf mas mau tanya kalau dr kampung rambutan mau turun di lapangan karang pawitan, bisakah naek agra mas, turun dimana? apa perlu naek angkot lagi? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mas. (1) Naik Agra Mas jurusan kp. rambutan/pasar rebo - Karawang. (2) minta turun di lampu merah karang indah. (3) dari lampu merah tinggal nyebrang, terus naik angkot ke arah krg pawitan (jarak hanya 100m).

      Hapus
  6. Mau nanya boleh? Kalo dari depok ke karawang naik apa?

    BalasHapus
  7. Dari karawang mau ke mesjid kubah mas..pake mobil pribadi minta petunjuk arah nya..thank

    BalasHapus
  8. Maaf mau tanya,apakah masnya tau rute prjalanan dr kp. Rambutan ke KIIC karawang??
    Naik angkutan apa aja y?? Tarif dan estimasi waktu tempuh ke KIIC kira2 brp jam y?
    Terima kasih skali untuk yg bs bantu jwab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan dari Kp. Rambutan bisa ditempuh dengan menaiki bus Agra Mas menuju Karawang (tarif 17rb jika blm berubah). Setelah keluar pintu Tol Karawang Barat, +- 200m, turun di persimpangan Kawasan (KIIC). Dari Kawasan bisa naik ojek menuju ke dalam kawasan dengan tarif yg bervariasi tergantung jarak (kisaran 10rb - 15rb).

      Hapus
  9. Maaf saya mau tanya jadwal dari karawang - kp rambutan dan sebaliknya gmn ya? Dan brp lama perjalanannya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Agra Mas dari Karawang - Rambutan dan sebaliknya, normalnya, ada dari jam 5 pagi sd jam 8 malam.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Bisa naik dari satsiun Karawang dengan membeli tiket pagi2, sebelum jam 5 pagi, turun d stasiun jakarta kota; kemudian lanjut naik commuter line turun di UI depok.

      Hapus
  11. Mas Kiki Furuya, info yg sangat bermanfaat nih, kebetulan saya baru jadi penghuni sekitar Galuh Mas, dan akan sering bolak-balik Karawang-Jakarta setiap minggu naik bus umum.

    Mau tanya dikit nih, dari pengalaman Mas Kuki, kalo naik bus Agramas Karawang-Kp Rambutan kira-kira jam 9 pagi dan nunggunya di depan gerbang perumnas, biasanya busnya udah penuh belum ya? Supaya dapet duduk apa harus naik dari terminal Klari? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bergabung di galuh mas. Kalo naik bus agra jam 9 pagi d weekdays biasanya antara penuh dan tidak, kalo weekend rada kosong, mas. Pas hari kerja, terutama senin, lebih aman memang naiknya dr lampu merah Karawang indah atau turunan fly over pabrik es, tdk perlu jauh2 k terminal klari.

      -Kuki-

      Hapus
  12. Mas kl mau ke Jl.kawasan industri surya cipta karawang timur naik kereta dari depok turunnya dimana ya? Lalu naik transportasi apalagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada kereta yang langsung menuju stasiun Karawang, mas. Paling bisa naik krl sampai jakarta kota. Dari sana, naik kereta ekonomi arah cikampek turun di stasiun Karawang (hanya tersedia jam pagi dan sore saja). Setelah tiba dr stasiun krwg, mgkn harus naik 2 angkot lg (stasiun-klari lalu klari-kws industri) utk sampe k surya cipta.

      Hapus
  13. Mas kl mau ke Jl.kawasan industri surya cipta karawang timur naik kereta dari depok turunnya dimana ya? Lalu naik transportasi apalagi?

    BalasHapus
  14. Mantap sangat artikel nya gan ... Sukses selalu bus wisata karawang

    BalasHapus
  15. Mas mau tanya, klo trans umum dr karawang ke cinere depok da gak? Klo gx da, mnta info rutenya mas. Thanks...

    BalasHapus
  16. Mas mau nanya dari kpnrambutan ke stasiun citayem depok naik bis no brapa trimakasih

    BalasHapus
  17. Mohon infonya kalo dari fatmawati menuju ke kawasan Surya Cipta Karawang naik bus turunnya dimana saja ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari daerah fatmawati sepertinya lebih dekat jika ke Kp. Rambutan terlebih dahulu; dari situ, naik bisa Agra Mas menuju terminal Klari Karawang. Setibanya di terminal, bisa ke wilayah Surya Cipta menggunakan ojek online karena lokasi sudah cukup dekat.

      Hapus
  18. MAU tanya kalo bis dr terminal depok ke kerawang ada gak?terakhir jam brp kalo bis dr depoknya.Mksh

    BalasHapus
  19. Kalo dari depok ke karawang ada ga mas? Ada nya mulai jam berapa??

    BalasHapus
  20. Mas mau tanya, kali dari krwng ke stasiun depok, apakah dari kp. Rambutannya bisa naik angkot 19, atau angkot nomot brp ya mas?

    BalasHapus
  21. Mas mau tanya kalo naik kereta dari Depok ke Karawang transit di stasu apa dan BRP tarifnya

    BalasHapus
  22. Kalo mau ke lamaran Karawang turun distasiun apa

    BalasHapus
  23. Mu tanya bis ke depok..dari kerawang timur

    BalasHapus